Selasa, 31 Mei 2011

Fanwar Shipper & Non-Shipper



Hai Cassie..
sebelumnya tulisan ini aku tulis di buku diary ku tapi aku pikir akan lebih baik jika aku sharing ke kalian.
Oke ini dia tulisanku maaf jika ada yang kurang berkenan, karena menurutku aku perlu sharing dan menjelaskan masalah yang ada. ^_^
=>

Aku memulai tulisan ini dengan perasaan yang tidak menentu. Aku galau. Aku bingung dengan apa yang terjadi kemarin! Ya, tepatnya pada tanggal 25 Mei ini. Tetapi mungkin ada yang belum tau? atau sudah tau? Sebenarnya aku tau apa yang terjadi tapi aku tidak habis pikir masalah akan menjadi besar seperti ini.

Kejadian ini berawal dari 2 admin berbeda dan fanbase yang berbeda pula yang merencanakan project TTWWnya yaitu #YUNJAEback sehari sebelum kejadian. Mereka (kedua fanbase) saling membantu untuk membuat projectnya sukses di world wide. Ya, mereka berasal dari Indonesia. Alasan mereka membuat #YUNJAEback adalah karena mereka menyukai couple tersebut dan mereka bilang juga dengan alasan merindukan (miss) Yunjae. Mereka juga mengatakan sangat ingin DBSK kembali bersatu berlima. Mereka membuat project TTWW #YUNJAEback pada jam 1 PM WIB. Ketika project dimulai banyak yang membantunya dan tidak terkecuali aku! Karena pada waktu itu aku berpikir "sesama Cassie juga jadi bantu aja" dan itu tanpa berpikir panjang untuk kedepan. (bodohnya aku).

Di pertengahan project ada seorang Cassie yang mention salah satu admin dan berkata kalau Jae tidak suka Yunjae Shipper. Katanya itu ditulis oleh Mr.Egg (staf JYJ) di salah satu account fanbase di Facebook. Tetapi sayang... dia tidak bisa membuktikan dengan apa yang dikatakannya karena ketika ditanya link, dia tidak bisa memberikan link dengan benar! Dan katanya lagi kalau postingannya udah dihapus! Sorry... aku pikir masalah dimulai dari sini. Karena dengan adanya berita dari salah satu pihak Cassie tersebuat (TANPA BUKTI) yang tidak jelas asal-usulnya ini sudah membuat hati kedua admin panas dan mungkin mereka jadi malah ngebash Mr.Egg dengan mengakatak kalau mereka berdua begitupun yang lain tidak percaya berita tersebut dan malah membenci Mr.Egg.

Sejak saat itu mereka terus menjalankan projectnya dengan hati yang membara. Dan sementara aku? Aku juga bingung harus berbuat apa pada saat itu. Tapi karena aku terlalu buta dan tidak tau masalah apa yang sedang terjadi di luar, aku memutuskan untuk tetap membantu mereka membuat TT. (Sungguh bodoh). Awalnya setelah ada mention yang mengatakan bahwa Jae tidak suka Yunjae Shipper, aku galau banget dan bingung, lalu aku memutuskan untuk berhenti sejenak dan mengecek apa yang terjadi. (tapi info yang ku dapat sangatlah minim).

Kedua admin yang membuat project juga dilanda kebingungan, tetapi mereka tetap meneruskan project dengan alasan-alasan tertentu. Salah satunya mereka ingin memberitahu seluruh dunia bahwa Yunjae Shipper masih ada. LOL

Oke... akhirnya project pun berhasil menembus worldwide! Banyak Cassie yang mengucapkan selamat karena sudah sukses atas projectnya (termasuk aku). Tetapi ada juga yang sangat membenci dan menentang keras akan adanya WW ini. Yang aku tau adalah ada salah satu Casssie asal Singapura yang menentang keras dengan adanya WW ini. Karena hal tersebut sudah menjadi fanwars di seluruh dunia. Ketika terjadi fanwars antar Cassie aku mulai bingung dan gundah! Dan bertanya-tanya pada diriku sendiri. "Apa yang sedang terjadi?". "Kenapa bisa terjadi fanwars?". Akhirnya aku memutuskan untuk mencari tau apa yang sebenarnya terjadi diluar sana. Pada saat itu aku sakit kepala (pusing berat) memikirkan apa yang sedang terjadi diantara tubuh Cassie! Aku berpikir keras dan bertanya-tanya kepada diriku, "Mungkinkah aku salah telah membantu kedua fanbase ini membuat project?". Ini semua membuatku sangat bingung dan sedih dengan apa yang telah kulakukan! Aku pikir aku telah melakukan kesalahan BESAR karena aku tidak berpikir panjang dengan apa yang akan terjadi di masa depan.

Aku terus berusaha mencari dan mencari informasi tentang fanwars yang terjadi saat itu. Dan akhirnya aku mengerti mengapa ini terjadi. Aku pikir aku setuju dengan apa yang dikatakan oleh salah satu Cassie asal Singapura tersebut. (Dia adalah salah satu pendiri fanbase DBSK di Singapura dan pemikirannya lebih dewasa). Dia mengatakan bahwa "Jika #YUNJAEback menjadi TTWW seperti sekarang ini yang pada saat ini bisa dilihat oleh seluruh belahan dunia, ini malah akan membuat kontroversi antara para Shipper & Non-Shipper. Dan mengapa harus #YUNJAEback yang menjadi project? Kenapa bukan DB5K? atau kenapa bukan #JYJonEllen karena itu lebih penting! JYJ juga belum pernah diangkat menjadi TTWW jadi kenapa kalian tidak berpikir panjang sebelum mebuat project dengan alasan yang jelas pula". hmm. setelah kalimat itu aku cerna mateng-mateng dengan cara merenung sejenak, aku juga berpikir kalau ada benarnya juga jika Cassie mengangkat #JYJonEllen di TTWW karena itu memang lebih penting. Tapi sayang aku sudah terlamabat untuk menyadarinya. Aku merasa sedih akan hal ini.

Keributan belum berhenti sampai disitu saja. Seluruh Cassie di belahan dunia sangat TERKEJUT ketika Jae mengupdate twitternya dengan berkata "Kenapa Anda membuat kebisingan...". Tulisan Jae ini sentak langsung membuat CASSIE IN THE WORLD terkejut! Dan bertanya-tanya apakah yang dimaksud Jae itu adalah Cassie yang sedang bertengkar hebat karena #YUNJAEback menjadi WW atau karena hal lain? Ya, it's maybe! Entahlah... kita hanya bisa menduga-duga saja.. Kita semua hanya bisa menebak apa yang sedang dipikirkan oleh Jae. Setelah Jae update twitter, semua berkata dan menyerang admin yang membuat project WW. Karena semua berpikir yang dimaksud Jae salah satunya adalah WW tersebut dan akhirnya fanwars. Tapi aku pikir mereka tidak bersalah karena mereka juga pasti menyadarinya dan menyesal. Tidak lama setelah tweet Jae publish, aku berpikir untuk mention kepada kedua admin untuk menghentikan trending karena kita tidak tau apa yang dimaksud oleh Jae. So.. untuk berjaga-jaga dan menjaga hati Jae akan lebih baik jika trending segera dihentikan supaya menghilang dari WW.

Kehebohan dan keributan tidak berhenti sampai disitu saja. Pada saat itu hari sudah malam. Akhirnya mereka menghentikan project dan meminta maaf pada seluruh Cassie di dunia karena telah membuat kegaduhan. Mereka juga tidak lupa mengucapkan terima kasih atas bantuan Cassie yang sudah mendukungnya. Karena hari sudah sangat malam aku memutuskan untuk exit dari twitter. Pada saat itu hati dan pikiranku sangat kacau. Keesokan harinya aku mulai membuka twitter lagi dan mengecek apakah pertengkaran antara Cassie sudah meredam atau belum. Setelah aku mengecek ternyata sudah ada yang menengahi kejadian semalam dengan menulis surat konfirmasi untuk para Cassie di seluruh dunia. Aku bersyukur.. Dan ketika aku mengece-ngecek lagi ternyata ada seorang admin dari fanbase JYJ yang ingin membuat project TTWW #WeLoveJaejoong dan #WeLoveTamago. Usut punya usut itu dibuat dengan tujuan meredamkan amarah dan pertengkaran antar Cassie. Itu juga dibuat untuk menghormati Jae dan Mr.Egg yang telah banyak membantu JYJ setelah mereka meninggalkan SME. Selain itu, ternyata project tersebut memiliki banyak multifungsi! Salah satunya adalah supaya konsentrasi Jae tidak terganggu ketika konser di LA nanti. Aku pikir aku sangat setuju dengan project TTWW tersebut. Tapi sayang aku tidak bisa ikut serta membantu project tersebut! Why? Apakah aku jera? Jawabannya tentu TIDAK, karena aku sebenarnya sangat ingin join membuat TTWW brhasil! Tetapi apa boleh buat jika aku harus belajar sekarang untuk menghadapi ujian besok.

Oh yaa pagi itu aku baca tulisan dari seorang Cassie mengenai masalah yang terjadi semalam. Itu ditulis oleh pendiri fanbase asal Singapura tersebut. Tulisannya berupa bahasa inggris jadi aku berniat untuk menterjemahkannya ke bahasa indonesia.
Berikut tulisannya
=====================================================================================
[PERHATIAN] Dear Cassies, ini adalah ringkasan dari apa yang terjadi sebelumnya hari ini pada tanggal 25 Mei.

Sebuah fansite Yunjae di Facebook diposting komentar, mengatakan bahwa Mr.Egg (@elbowyeish) mengatakan bahwa Jaejoong tidak menyukai Twitter, tetapi tidak ada Cassie yang pernah melihat posting yang dibuat oleh Mr.Egg. Setelah beberapa saat, bahwa fansite Yunjae di Facebook dihapus yang posting, tapi sudah terlambat.

Kemudian, Yunjae Shippers mulai bash Mr.Egg di kedua Twitter dan Facebook, dan pada saat yang sama penggemarnya TVXQ (@TVXQ_ngakak) memulai proyek tren "YUNJAEback" karena mereka kehilangan Yunjae.

Cassies kemudian disalahpahami bahwa Mr.Egg mengatakan ia tidak menyukai Yunjae dan semua orang mulai bash dia. Sebenarnya, Mr.Egg tidak mengatakan apa-apa tentang Yunjae. Namun, dia tidak langsung menyebutkan bahwa dia tidak suka pasangan. Ini mungkin karena ia berpikir atau tahu bahwa JYJ lurus, dan tidak nyaman memikirkan JYJ homoseksual. Ini pendapat pribadi, jadi silakan menghormatinya.

Setelah kejadian ini dan semua bashing, Jaejoong tweeted "Mengapa begitu berisik?". Saya pribadi berpikir bahwa Jaejoong berbicara tentang kami, karena Cassies yang bashing temannya.

Silakan menghentikan semua ini. Cassies harus tetap bersatu dan mendukung TVXQ selamanya! AKTF!

Ditulis oleh: Pendiri DONGBANGHEAVEN, Jiyeon Kim.
Itu apa yang terjadi. Saya pikir saya harus posting juga untuk orang-orang yang tidak mengikuti akun twitter kita. ^ ^ Dan karena ini adalah blog untuk semua orang aku harus menyajikan dua versi yang telah dikatakan.
=====================================================================================

Oh ya.. pada malam harinya fanbase dari Singapura membuat project TTWW yang berhasil menembus World Wide. Dan ini membuat semua Cassie senang (termasuk aku). TTWW itu adalah #YuchunWinBaeksang dan #akt5aith. Pada malam itu kebetulan YuChun memenangkan Best New Actor 4 TV pada 47 penghargaan seni Paeksang. Dan pada malam itu juga #YuchunWinBaeksang menjadi trending World Wide nomor 1 lho... sedangkan #akt5aith menjadi trending World Wide nomor 2. ^_^ WOW... Cassie so DAEBAK... gitu dong Cassie.. aku suka kalian yang damai dan bersatu.. ^_^

Oke Cassie.. aku pikir itulah rincian cerita dari yang aku ketahui. Karena kebetulan aku ada dan terus memantau kejadian tersebut! Aku meminta maaf jika tulisan ini ada yang menyinggung pihak-pihak tertentu yang bersangkutan. Aku tidak ada maksud apa-apa. Aku hanya ingin mengklarifikasikan apa yang sedang terjadi!

I'm not JYJ Stans.
I'm not HoMin Stans.
I'm not Shipper.
and I'm not Non-Shipper.
I'm CASSIOPEIA.
Spread Love Cassie...
#AKTF => Always Keep The Faith Cassie. *OT5*
Jangan ada lagi pertengkaran antar sesama kubu Cassie karena kita ada di SAMUDRA MERAH yang sama! Saya tidak menyukai pertengkaran dan perpecahan antar Cassie. Jadi mohon kalian selalu mendukung TVXQ maupun JYJ. Disini tidak ada kata saling membenci. Kita semua sekeluarga. Kita SATU. #AKTF

Tristania Myrta Putri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar